You are here::
 
 

WKPTA MAKASSAR MELAKUKAN PENGAWASAN REGULER DI PA BULUKUMBA

E-mail Print PDF

Senin, 23 Oktober 2017, Wakil Ketua PTA Makassar, YM Drs. H. Zein Ahsan, S.H., M.H berkunjung ke Pengadilan Agama Bulukumba. Kunjungan WKPTA Makassar dalam rangka pembinaan dan pengawasan rutin (regular). Dalam pengawasan rutin ini WKPTA Makassar selaku ketua tim didampingi hakim tinggi pengawas YM Drs. H. Mahmud, S.H., M.H dan panitera pengganti Muhammad Fuad Fathoni, S. Ag., M.H, sebagai anggota tim serta kasubag perencanaan PTA Makassar, Hasanuddin R, S.T sebagai sekretaris tim. Pengawasan regular kali ini berlangsung selama 2 (dua) hari.

 

Dalam pengawasan kali ini pemeriksaan tidak hanya dilakukan pada administrasi kepaniteraan (administrasi perkara) tetapi juga administrasi umum (administrasi kesekretariatan). Pemeriksaan pada administrasi kepaniteraan meliputi register gugatan, register permohonan, jurnal, buku induk konsinyasi, buku induk eksekusi, buku register induk keuangan perkara, dll. Sementara di bagian administrasi umum (kesekretariatan) pemeriksaan dilakukan pada bagian perencanaan anggaran, keuangan dan umum serta kepegawaian, ortala dan perpustakaan.

Ekspose digelar setelah melakukan pemeriksaan selama 2 (dua) hari penuh. Rapat ekspose dibuka oleh wakil ketua selaku Plt. ketua PA Bulukumba, YM Hadrawati, S.Ag, M.HI. Wakil Ketua PA Bulukumba mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada YM WKPTA Makassar beserta rombongan atas kunjungannya dalam rangka pembinaan (pengawasan regular) menjelang akhir tahun. Selanjutnya sambutan WKPTA Makassar, YM Drs. H. Zein Ahsan, S.H.,M.H. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan banyak hal. “Tugas lembaga peradilan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, agar msayarakat terlayani dengan baik, semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan Hakim selaku pemberi keadilan harus dipenuhi, sehingga dibutuhkan perhatian yang lebih dari supporting unit (bag. perencanaan) untuk merencanakan dan memenuhi kebutuhan para YM tersebut khususnya dalam menopang kelancaran jalannya persidangan”. Selain itu YM Drs. H. Zein Ahsan, S.H.,M.H juga memberi motivasi kepada para pegawai PA Bulukumba agar senantiasa bekerja tekun, cerdas dan ikhlas. “kata kuncinya adalah memberikan pelayanan melebihi harapan (ekspektasi). Untuk mencapai hal tersebut, pesan saya jangan mengeluh dalam bekerja, jangan mengerjakan pekerjaan hanya pekerjaan yang disenangi, jangan membebankan pekerjaan pada orang lain, jangan mencari-cari alasan pembenaran, jangan bekerja menunggu perintah, jangan takut salah/takut gagal dan kerjakan pekerjaan sesuai petunjuk/aturan”, demikian harapan WKPTA Makassar.

Selanjutnya hakim tinggi pengawas, YM Drs. H. Mahmud, S.H., M.H mengemukakan beberapa temuan yang sifatnya mendasar. Pemeriksaan regular menurut beliau tujuannya lebih kepada pembinaan tingkat banding kepada tingkat pertama. Adapun jika ada temuan adalah hal yang wajar demi untuk pembenahan dan perbaikan di kemudian hari. Pada dasarnya sistem/mekanisme kerja yang ada di PA Bulukumba sudah berjalan, baik di kepaniteraan maupun di kesekretariatan. Khusus di bagian kesekretariatan nyaris tidak ada temuan, hanya sedikit penyempurnaan menurut Kasubag Perencanaan PTA Makassar, Hasanuddin R, S.T selaku pemeriksa di bag. kesekretariatan. Sedangkan di bag. kepaniteraaan sistem penerimaan perkara dan juga laporan perkara juga sudah berjalan sesuai aturan. Namun meskipun begitu tetap ada temuan dari hakim tinggi pengawas dan panitera pengganti selaku anggota tim yang melakukan pemeriksaan di bag. perkara.

Selesai melakukan ekspose, WKPTA Makassar, YM Drs. H. Zein Ahsan, S.H., M.H menyempatkan diri foto bersama hakim dan karyawan Pengadilan Agama Bulukumba. Selesai foto bersama WKPTA Makassar beserta rombongan pamit diri kembali ke Makassar.