You are here::
 
 

Keluarga Besar PA Sungguminasa Adakan Upacara HUT RI Ke-72

E-mail Print PDF
Sebagai wujud tanda syukur kepada Allah SWT. atas kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah diproklamirkan 72 tahun yang silam, maka keluarga besar Pengadilan Agama Sungguminasa melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tahun 2017 bertempat di halaman Kantor Pengadilan Agama Sungguminasa Kelas I B yang diikuti oleh Hakim, Pegawai dan Mahasiswa PPL UIN Alauddin Makassar dan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa.
1.JPG
Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H.,M.Si.,M.H. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. Ahmad Nur, M.H. mengungkapkan bahwa tema yang diusung dalam peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72  ini adalah ‘’Indonesia Kerja Bersama’’ yang pada pokoknya mengandung makna ajakan kepada segenap masyarakat Indonesia untuk kembali bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan menuju Indonesia yang makin terhormat dan bermartabat di mata dunia.
Lebih lanjut Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. Ahmad Nur, M.H., ketika membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Selatan mengungkapkan bahwa tantangan yang kita hadapi saat ini bukan hanya persoalan politik dan ekonomi belaka, namun kita dihadapkan pada tantangan dalam mengelola kemajemukan yang sudah menjadi kodrat keberadaan bangsa Indonesia. Kemajemukan dapat menjadi kekuatan yang Maha dahsyat jika kita mampu menjaganya dengan baik, namun akan menjadi bencana jika kita salah menyikapinya.
2.JPG
Namun kita patut berbangga karena negara yang kita cintai ini terus bergerak maju meskipun tantangan dan ujian datang silih berganti. Kita telah menunjukkan bahwa dengan tekad dan keyakinan disertai kerja keras, semua tantangan itu dapat kita lalui dengan baik, sehingga perlahan dan pasti kita menuju ekonomi yang kuat dan berkeadilan, demokratis yang stabil dan berkualitas, serta peradaban bangsa yang maju dan unggul. Inilah wujud nyata dari makna kemerdekaan yang sesungguhnya, yaitu melakukan yang terbaik dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk kejayaan negeri, tegasnya.
Yang kalah pentingnya menurut Gubernur Sulawesi Selatan adalah bagaimana menjaga kondisi yang sudah kondusif selama ini, salah satunya adalah mereduksi pengaruh radikal dari kecenderungan memaksakan kehendak, keinginan menghakimi dan menyalahkan orang yang berbeda dengan kita. Harus pula diwaspadai kelompok-kelompok yang anti terhadap Pancasila. Kita tidak boleh terpedaya oleh kelompok yang menafsirkan secara sepihak  kandungan makna dalam Pancasila. Kita semua harus sepakat untuk kembali ke nilai luhur Pancasila, yaitu menjadikan Pancasila sebagai dasar Negara dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Artinya, Pancasila harus terus hadir dalam kehidupan masyarakat dengan optimal sebagai kekuatan pemersatu bangsa. Kita harus kerahkan semua potensi yang kita miliki untuk meningkatkan demokratisasi, mewujudkan keadilan dan kesejahteraan dengan merubah pola pikir negatif menjadi positif, dari yang pesimistis menjadi lebih optimis dan dari yang gamang menjadi percaya diri.
3.JPG 4.JPG

Setelah Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. Ahmad Nur, M.H membacakan sambutan seragam Gubernur Sulawesi Selatan, dilanjutkan dengan pemasangan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Sungguminasa yang tahun ini jumlah sebanyak 11 orang. ( By Amn/PA-SGM).
5.JPG