You are here::
 
 

PERTAMA DALAM SEJARAH SIDANG ISBAT NIKAH TERPADU oleh PA. PANGKAJENE

E-mail Print PDF

Pangkep, 06-06-2017

Pulau Sabutung, menjadi saksi sejarah pertama kalinya diadakan sidang isbat nikah terpadu oleh Pengadilan Agama Pangkajene, sidang tersebut bertemoat di Kantor Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep. sidang terpadu tersebut dilaksanakan oleh PA.Pangkajene, Kenterian Agama Kab. Pangkep dan Dispendukcapil Kab. Pangkep serta di dampingi oleh LSM KOMPAK.

              Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Pangkep, Ketua Pengadilan Agama Pangkajene, Direktur Otonomi Daerah Kemendagri, Pusat Fasilitasi Kerjasama Luar Negeri, Perwakilan Kedutaan Besar Australia, Direktur Kompak Jakarta, Kementerian Agama Kabupaten Pangkep dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

             Layanan terpadu ini dilaksanakan sebagai perwujudan pelaksanaan amanah undang-undang untuk memberikan akses kemudahan terhadapat masyarakat, khususnya yang nerada di wilah terpencil (bail di kepulauan maupun daratan) juga sebagai bentuk tindak lanjut atas Deklarasi Gerakan Bebas Tuntas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yg diselenggarakan pada tanggal 17 Mei 2017 dengan Deklarator Bupati Kab. Pangkep, Ketua PA. Pangkajene, Kepala Kemenag Kab. Pangkep dan Kepala Dispendukcapil Kab. Pangkep, serta ditandatangani oleh seluruh Camat se Kabupaten Pangkep dan seluruh Lurah/Kepala Desa se Kabupaten Pangkep.

         Pada sidang isbat terpadu pertama kali ini, disidangkan sebanyak 10 pasangan suami isteri yg belum mempunyai akta nikah, dengan usia rata-rata 60 tahun ke atas dan kesemuanya dapat dikabulkan oleh Hakim Tunggal Drs. Ihsan Halik, SH., dan dibantu oleh Drs. H. Tawakkal, MH., sebagai Panitera Pengganti, penetapan atas seluruh perkara tersebut diserahkan pada hari itu juga, sesuai amanat PERMA Nomor 1  Tahun 2015.

          selain Penetapan Isbat Nikah dan Kutipan Akta Nikah, pada hari itu juga dilakukan pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sekaligus penyerahan E-KTP, Kartu Keluarga, Akta Lahir dan Akta Kematian. Tentunya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, masyarakat Pulau Sabutung sangat gembira dengan diadakan layanan terpadu ini, secara nyata telah memberikan akses dan layanan kepada masyarakat tanpa harus menuju ke Kota Pangkajene dimana sarana transportasi nya relatif mahal, dan diharapkan juga agar Bapak Bupati cc. Instansi terkait untuk rutin melaksanakan kegiatan layanan terpadu ini, di pulau pulau lainnya, guna memenuhi hak-hak dasar masyarakat kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (Red.Mahar)