You are here::
 
 

Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Juni 2017 di Pengadilan Agama Makassar

E-mail Print PDF

Sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila dan merupakan hari libur Nasional seluruh Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni .

Puji Syukur Kita panjatkan kehadirat Allah S.W.T bahwa pada pagi ini Ketua, Wakil Ketua dan seluruh Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural & Fungsional dan seluruh pegawai honorer serta para Mahasiswi Universitas Bosowa Makassar telah menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila untuk yang pertama kalinya dengan harapan agar kiranya kita lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Rakor

Gambar : Ketua Pengadilan Agama Makassar Klas IA bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Juni 2017.

Hari ini Pengadilan Agama Makassar Klas IA melakukan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila adalah Ketua Pengadilan Agama Bp. Drs. H. Damsir, S.H.,M.H. Upacara digelar di Halaman Pengadilan Agama Makassar, Kamis pagi ini.

Rakor

Rakor

Rakor

Gambar : Peserta Upacara Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Juni 2017.

Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Beberapa Pejabat Fungsional menjadi petugas upacara. Adapun yang bertugas sebagai Komandan Upacara adalah H.Andi Muhammad Yahya Chalid; Hj. Salwa ,SH.,MH bertugas membaca Kepres No 24 tahun 2016 tentang Penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional dalam rangka Hari Lahir Pancasila. Kemudian, Haryati,S.H. bertugas membacakan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Terakhir, Dedy Wahyudi, SH. yang bertugas membacakan doa.

Rakor

Rakor

Gambar : Pembacaan Kepres No 24 tahun 2016 tentang Penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional dalam rangka Hari Lahir Pancasila, Pembacaan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 dan Pembacaan Doa.

Dalam upacara, Inspektur upacara membacakan sambutan terkait Hari Lahir Pancasila. Dalam sambutannya mengingatkan bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia itulah Kebhineka tunggal ika-an kita. Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika ,kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur ditengah kemajemukan.

Oleh karena itu marilah jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan, saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu – membahu, bergotong-royong demi kemajuan Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Rakor