You are here::
 
 

Dengan Koordinasi Yang Baik PA Pangkajene Berhasil Melaksanakan Eksekusi

E-mail Print PDF

Kamis tanggal 20 April 2017 tepat pukul 08.00 WITA tim eksekutor Pengadilan Agama Pangkajene melakukan doa bersama sebelum melaksanakan eksekusi yang dipimpin oleh Drs. H. Misbah, M.HI. (Wakil Ketua Pengadilan Agama Pangkajene), doa dikhususkan kepada Drs. Amir, M.H. (Panitera Pengadilan Agama Pangkajene) beserta tim agar diberikan perlindungan dan kelancaran oleh Allah SWT dalam proses pelaksanaan eksekusi.

Setelah doa dilaksanakan, tim eksekutor yang dipimpin oleh Drs. Amir, M.H. menuju polres Pangkajene dan dilaksanakan apel persiapan eksekusi yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Pangkajene dan Kepulauan Kompol Mustafa S. dan diikuti oleh ± 100 personel keamanan yang akan membantu pelaksanaan eksekusi.

Setelah ± 30 menit menempuh perjalanan dari Polres Pangkajene ke objek sengketa, tim eksekutor tiba di Kantor Desa Baring dan disana

sudah terlihat ramai dan menunggu kedatangan tim eksekutor baik dari perangkat desa, babinsa, babinkamtibmas serta para pihak yang berperkara.

Setelah mendengar pengantar dari Drs. Amir, M.H. (Panitera PA Pangkajene), tim eksekutor beserta rombongan didampingi ± 100 orang aparat kepolisian menuju objek sengketa yang akan dieksekusi yang berjumlah 7 (tujuh) objek, yang kesemuanya terletak di Desa Baring, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep.

Setelah melakukan pengukuran terhadap objek sengketa, Drs. Amir, M.H. menetapkan bagian masing-masing Pemohon Eksekusi dan Termohon Eksekusi dengan mematok batas-batas tanah tersebut serta memberi tanda bahwa objek sengketa tersebut telah dikeskusi.

Sempat terjadi cekcok dan adu mulut antara kedua belah pihak yang berlawanan namun berkat penjelasan yang diberikan Panitera PA Pangkajene, Kabag Ops Polres Pangkajene serta Kepala Desa Baring, kedua belah pihak berhasil didamaikan.

Setelah pematokan batas-batas dan pemberian tanda, tim eksekutor serta aparat kepolisian dari Polres Pangkajene dan Kepulauan kembali ke Kantor Desa Baring. Selanjutnya Drs. Amir, M.H. membacakan berita acara eksekusi. Tepat pukul 16.00 WITA eksekusi dinyatakan selesai dan tim eksekutor kembali ke Kantor Pengadilan Agama Pangkajene.

Drs. Amir, M.H. sebagai Panitera Pengadilan Agama Pangkajene mengatakan “Alhamdulillah eksekusi berjalan lancar, keberhasilan eksekusi kali ini berkat koordinasi yang baik dengan semua instansi baik dari kepolisian, perangkat desa, TNI dan lain-lain. Tanpa koordinasi, pelaksanaan eksekusi ini belum tentu berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Drs. Amir, M.H. juga mengatakan bahwa masih banyak permohonan eksekusi lain yang mesti ditindaklanjuti dan mudah-mudahan proses eksekusi kedepannya berjalan aman dan lancar. Amin (Fajar Arief)