You are here::
 
 

PA. Mamuju Melakukan Penentuan Pengukuran Arah Kiblat Di Anjungan Pantai Manakarra Kota Mamuju

E-mail Print PDF

 

DALAM RANGKA PELAKSANAAN HARI RAYA IDUL ADHA 1436 H

PA. MAMUJU MELAKUKAN PENENTUAN PENGUKURAN ARAH KIBLAT DI ANJUNGAN PANTAI MANAKARRA KOTA MAMUJU

{{ Pa-mamuju.go.id }} Berdasarkan surat permohonan dari Panitia Peringatan hari besar Islam ( PHBI) Nomor : 21/PHBI/MU/IX/2015 tertanggal 15 September 2015, pada hari Jum’at tanggal 18 September 2015, bertepatan dengan tanggal 4 Dzuhijjah 1436 H, Pengadilan Agama Mamuju dihadiri oleh Wakil Ketua  Pengadilan Agama Mamuju Drs. H. Mohammad Taufik, S.H.M.Si , Panitera/ Sekretaris Muh. Rais Naim, SH. S.Ag di dampingi Oleh M. Fauzan, S.Ag. MH bersama Badan Kesra Kabupaten Mamuju dan Kementerian Agama dalam rangka pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1436 H melakukan penentuan pengukuran arah kiblat untuk penggunaan shalat Id Idul Adha pada tanggal 24 September 2015 di Anjungan Pantai Manakarra Kota Mamuju.


Pada kesempatan lain menurut Wakil Ketua  Pengadilan Agama Mamuju Drs. H. Mohammad Taufik, S.H, M.Si  dalam melaksanakan shalat menghadap arah kiblat merupakan syarat yang mutlak dalam syariat islam dan suatu syarat  sahnya shalat sebagaimana  firman Allah swt dalam surat Al-baqarah ayat 144 yang berbunyi :

قد نرى تقلب وجهك في السماء فلنولينك قبلة ترضاها فول وجهك شطر المسجد الحرام وحيث ما كنتم فولوا وجوهكم شطره وإن الذين أوتوا الكتاب ليعلمون أنه الحق من ربهم وما الله بغافل عما يعملون

Artinya,” Sungguh Kami (sering) melihatmu kamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu kekiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah muka mu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.”

Dan pada tanggal 24 September 2015 hasil pengukuran arah kiblat tersebut dipakai oleh kaum muslimin dan muslimat di kota Mamuju dalam melaksanakan sholat Idul Adha di Anjungan Pantai Manakarra. ( Fauzan/Tim It)